Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Dr. Syaiful Anwar, M.Pd. Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, Padang, Indonesia

Keywords:

kepemimpinan transformasional, kepala madrasah, mutu pendidikan, partisipasi guru, visi pendidikan

Abstract

Kepemimpinan transformasional memainkan peran penting dalam peningkatan mutu madrasah melalui penguatan visi, motivasi, dan pemberdayaan guru. Studi ini menelusuri praktik kepemimpinan transformasional pada kepala madrasah negeri berbasis studi lapangan di tiga institusi pendidikan menengah. Fokus utama terletak pada empat dimensi utama: karisma, inspirasi motivasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Hasil observasi dan wawancara mendalam menunjukkan bahwa kepala madrasah yang mampu menerapkan pendekatan kepemimpinan transformasional secara konsisten menghasilkan peningkatan signifikan dalam budaya kerja, partisipasi guru, serta prestasi akademik siswa. Keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, pengembangan profesional berkelanjutan, serta pembinaan spiritual menjadi faktor utama dalam terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif dan berdaya saing. Meski demikian, tantangan tetap muncul dalam bentuk resistensi terhadap perubahan, keterbatasan anggaran, dan kurangnya pelatihan kepemimpinan berorientasi nilai. Optimalisasi kepemimpinan transformasional di madrasah membutuhkan dukungan struktural, supervisi berbasis nilai, dan sistem insentif yang mendorong kolaborasi. Transformasi kultural yang digerakkan oleh figur pemimpin berkarakter visioner terbukti menjadi pondasi utama peningkatan mutu madrasah secara berkelanjutan.

Diterbitkan

2024-01-19